Calcifer

Laman

Kamis, 29 Maret 2012

Sejarah Pasar di Jakarta


Pada saat VOC berkuasa di Indonesia, ada 6 pemilik pasar di Jakarta (Batavia dulunya). Agar persaingannya sehat, diberlakukan aturan yang isinya pasar yang mereka miliki hanya boleh beroperasi dalam satu hari saja tiap minggunya. Makanya ada yang namanya Pasar Minggu, Pasar Senen, Pasar Rebo dan Pasar Jumat. Pasar-pasar tersebut masih berdiri hingga saat ini. Hari Minggu saatnya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk beroperasi. Pasar yang beroperasi hari Senin adalah Pasar Senen, ada di daerah Senen, Jakarta Pusat. Hari Rabu giliran Pasar Rebo, Jakarta Timur, yang beroperasi. Walaupun tak sebesar yang lainnya, tapi Pasar Jumat, dekat Lebak Bulus, Jakarta Selatan, masih eksis sampai sekarang. Lalu bagaimana dengan Pasar Selasa, Pasar Kamis, dan Pasar Jumat?


Pasar yang beroperasi hari selasa berada di Utara Jakarta, tepatnya di Koja. Hari kamis giliran Pasar Mester, sesuai nama yang punya Meester Cornelis, yang beroperasi. Sekarang Pasar Mester berganti nama jadi Pasar Jatinegara. Pasar terakhir, pasar yang beroperasi hari sabtu adalah Pasar Tanah Abang.


Nah lengkap kan. Jadi dari hari senin sampai hari minggu. bukan cuma harinya yang berbeda, barang-barang yang dijual berbada pula. :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar