Calcifer

Laman

Selasa, 28 Mei 2013

Temen-Temen Baru

Seperti halnya para fresh graduate lainnya, setelah lulus saya melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan. Ada cerita tentang beberapa teman baru yang saya kenal dari melamar di salah satu perusahaan. Berbeda ketika saya melamar di perusahaan-perusahaan lain, yang kebanyakan pelamarnya alumnus IT Telkom atau mayoritas pendaftar berbeda umur cukup jauh dengan saya. Di perusahaan ini pelamarnya hampir seluruhnya fresh graduate yang berbeda umur tidak jauh dengan saya. Ditambah lagi tidak ada seorang pun diantara mereka yang saya kenal sebelumnya. Hal ini membuat saya merasa menjadi orang asing.

Namun semua berubah saat negara api menyerang. Eh, salah. Semua berubah saat saya bertemu dengan Andre, Tanti, Niken, Saras, dan Dora. Di antara pelamar yang lain, saya cukup dekat dengan mereka. kita bahas satu-satu siapa sih mereka.

Di antara mereka berlima, Andrelah orang yang pertama kali saya kenal. Berawal saat psikotes ia meminjam penghapus, kemudian kami berada di grup yang sama saat kegiatan focus group discussion (FGD). Andre terlihat seperti orang yang tenang, tapi entah kenapa ia agak kurang yakin terhadap apa yang ia ucapkan. Buktinya dia selalu terbata-bata saat berbicara, padahal sepertinya ia sudah cukup mengerti apa yang akan ia ucapkan. Agak aneh, padahal saat tes psikotest, tes pertama, banyak pelamar lain yang satu kampus dengannya. Tapi tidak ada yang ia kenal, sebesar apa sih itu kampus hehehe. Dari sana saya sadar bahwa Andre adalah orang yang agak cuek dengan kondisi sekitarnya dan sedikit kyanya temennya, hehehe. Hal ini diperkuat dari diskusi dengan kepala HRD, tes kedua, dari cara berdiskusi dan hal-hal yang didiskusikan sangat terlihat bahwa Andre orang yang lebih senang menyendiri, pendapat pribadi ini hehehe. Tapi anehnya, setelah interview dengan kepala HRD, ia mengajak saya untuk mampir di 7eleven. Kenapa aneh? seperti yang saya bilang diawal ia orangnya cuek. Dan dari sana saya tau kalau orang ini sedang berusaha untuk bersosialisasi dengan orang lain yang baru dikenalnya. So, saya share beberapa pangalaman pribadi, kan dulunya saya juga orang yang cuek hehehe. Merantau dari Padang, sejak kuliah hingga sekarang ia tinggal di depok bersama keluarga paman, itu yang ia akui. Kuliah di Universitas Gunadarma Depok.

Lanjut ke Tanti, Alumnus Kelautan Unpad. Di tes pertama saya hanya sebatas mengenal wajah, karena kami tak menyapa atau mengobrol. Pada saat menunggu tes kedua, kami baru banyak bertukar cerita. karena hanya saya dan Andre yang ia pernah temui di tes sebelumnya. Tak cukup banyak informasi pribadi tentang Tanti, karena obrolan kami hanya sebatas pengalaman menggunakan matlab dan ilmu-ilmu kelautan lainnya.

Niken, Saras, dan Dora. Saya pertama kali bertemu dengan mereka saat menunggu tes kedua. Kami dikumpulkan di sebuah ruangan dengan meja oval besar berada di tengan ruangan. Saras orang yang pertama kali mengajak kami, semua orang yang sedang menunggu tes kedua, berkenalan. Niken dan Dora duduk diantara Saras. Sedangkan saya, Andre dan Tanti duduk di seberang mereka. So, ngga terlalu banyak obrolan saya dengan Niken, Saras dan Dora, keasikan nostalgia dengan Andre dan Tanti hahaha. Tapi mereka bertiga puanya karakter yang berbeda-beda.

Dora, itu nama panggilannya, nama aslinya Fahriza. Alumnus Pens Surabaya. Khas banget dengan suara "medok"nya. Di antara pelamar lain, ia yang paling lama mengikuti rekruitasi perusahaan ini. kalau yang lain mulai ikut tes pada bulan Mei, ia mulai tes pada bulan Februari. Semula kami memanggilnya Fahriza. Sampai saat ditanya oleh kepala HRD. "nama panggilan kamu?" gitu klo ngga salah pertanyaannya. "Dora pak" jawab Dora. Mendadak Semua yang mendengar jawabanbya berpikir sejenak. Dari mana asal mula panggilan tersebut. Ternyata panggilan tersebut disematkan oleh teman-teman. Ia pun bingung kenapa dipanggil Dora.

Niken. Orangnya apa adanya, ngga mau ambil pusing. Terlihat dari cara berpakaiannya. Pelamar yang lain berusaha tampil sebaik mungkin dengan menggunakan kemeja, tapi cewek berkaca mata ini lain sendiri, ia malah menggunakan sweater. Sehingga orang yang melihatnya selalu bertanya "kamu sakit?". Klo di tanya "lulus dari kampus mana?", Niken menjawab dengan polos "kampusnya Obama sama Jokowi". ya, Niken memang lulusan BSI bagian broadcasting. Klo urusan kamera, bisa dipercayain sama cewek yang rumahnya di Priuk ini. Saya dan Niken banyak ngobrol di Medical Tes, tes ketiga, tempatnya di Prodia Kebayoran Baru. Obrolan rambah seru setelah tahu bahwa cewek yang satu ini sangat anti dengan jarum suntik, kan ada tes darah jadi harus diambil dengan jarum suntik. Setiap ditanya "kamu minus brapa?", Niken selalu menjawab "ga minus, tapi silinder" ditambah dengan argumen "sebenernya saya pakai kaca mata agak besar soalnya saya bawa motor".

Terakhir Saras. Cewek satu ini sepintas mirip sama artis Aryani Fitriana. Cewek lulusan Unpad ini tinggal di Bekasi. Pembawaannya tenang, tapi klo udah diajak ngobrol, ngga berenti-berenti. Klo udah abis bahan obrolan, dia ngeluarin tabletnya dan sibuk sendiri dah dia hahaha.

Kyanya bakal seru klo bisa sekantor sama mereka. tapi sayang Andre harus berhenti sampai tes interview. Tanti ngga tau gmana kelanjutannya. Yang saya tahu hanya Niken dan Saras yang Medical Tes bareng saya, serta Dora yang Medical Tes di Surabaya. Saya dan Dora sama-sama cemas nungguin update selanjutnya dari tes rekruitasi ini. Via sms kita saling tukeran informasi baru yang kita dapet, termasuk klo perusahaan yang bakal jadi tempat kita ngantor buka rekruitasi lagi. Klo Niken kita share informasi lewat twitter. Sambil becanda dengan temannya Niken. Ternyata si Niken paling hobi ngancem orang dengan "gw lempar wastafel" hahaha. Dasar orang aneh. Semoga kita bisa secepetnya satu kantor. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar