Calcifer

Laman

Jumat, 17 Mei 2013

Khutbah Jum'at 17 Mei 2013

Bismillahirohmanirrohim.

Sedikit share tentang khutbah Jumat di Masjid Al-Amanah Kementerian Keuangan kemarin. Sedikit merasa tertampar oleh khutbah tersebut. Di saat "galau" karena belum mendapat pekerjaan, terasa bahwa diri ini perlu banyak menambah pengetahuan tentang bidang-bidang yang banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan. Namun setelah mendengar yang disampaikan oleh khotib, saya menjadi tahu ilmu apa yang harus lebih dikenal.

Khotib berpesan agar kita lebih ber-ma'rifath kepada Allah. Khotib menjelaskan selama ini kita begitu banyak berma'rifath dangan segala hal tentang kehidupan dunia, mulai dari gaya hidup hingga pekerjaan. Jika otak kita dapat dibuka seperti komputer, dapat dilihat bahwa folder kita sebagian besar otak kita beisi segala hal tentang dunia. Sedangkan folder yang berisi tentang Allah sangat sedikit sekali.

Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir kita. Kita akan cenderung lebih mencintai dunia dibadingkan mencintai Allah. Seperti yang dikatakan pepatah, tak kenal maka tak sayang. Bagaimana kita mau mencintai Allah, padahal kita sendiri tidak terlalu mengenal Allah.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa ilmu tentang dunia yang mereka miliki semata-mata untuk dapat meraih ridho Allah. Memang, jika kita mengamalkan ilmu-ilmu yang kita miliki ikhlas untuk meraih ridho Allah semata, maka kita akan mendapat ridho Allah. Tapi bagaimana kita dapat ikhlas melaksanakan sesuatu untuk Allah. Padahal kita tidak benar-benar mengenal Allah. Mana hal-hal yang disenangi Allah, dan mana hal-hal yang tidak disenangi Allah.

Jadi mari kita luangkan waktu lebih banyak untuk mengenal Allah, dari pada kita iseng-iseng baca koran atau hal-hal yang kurang berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar